Minggu, 08 Mei 2011

Konsep PON di riau di puji di konfrensi olahraga dunia


Tema Playing For A Greener Future pada 9Th World Conference On Sport And The Environment, Senin (2/4) di Hotel Sheraton, Qatar semakin dimatangkan. Kehadiran delegasi Indonesia yang diwakili oleh Ketua Umum KONI Rita Subowo, Ketua PB PON Riau Syamsurizal dan anggota PB PON Surya Maulana, menarik perhatian peserta konferensi.
Tema utama konferensi olahraga tingkat dunia yang dihadiri lebih dari 150 negara anggota Internasional Olympic Commite (IOC) perihal keselarasan prestasi olahraga dan lingkungan, dinilai telah sejalan dengan apa yang telah dilakukan oleh Riau. Berbagai dukungan untuk Riau pun mengalir. Bukan hanya sebagai tuan rumah PON XVIII tahun 2012 namun juga sebagai penyelenggara Islamic Solidarity Games III tahun 2013.

Salah satu dukungan langsung datang dari Presiden Hungaria Pal Schmit. Apalagi setelah Pal Schmit membaca kesiapan Riau untuk menggelar dua event besar dengan tetap mengedepankan kepentingan menjaga lingkungan.

"Ini suatu hal yang luar biasa karena Riau, Indonesia telah memulainya. Kami pasti akan terus memberikan dukungan. Apalagi dua event ini bukanlah event biasa," kata Pal Schmit.

Ketua Umum KONI, Rita Subowo bahkan mengatakan Riau memiliki keunggulan yang berbeda dengan Provinsi lainnya dalam hal kesiapan penyelenggaraan pesta olahraga. Baik berkelas nasional ataupun internasional.

"Semua konsep environment (lingkungan) yang dibicarakan pada konferensi ini, sudah jauh lebih dulu dilakukan Riau. Konsep-konsep seperti ini tentu juga akan menjadi acuan untuk penyelenggaraan event olahraga baik nasional ataupun internasional di Indonesia," kata Rita.

Saat konferensi berlangsung, delegasi dari Indonesia menerima banyak pujian dan dukungan dari peserta konferensi. Apalagi setelah mereka melakukan diskusi dan menerima dua buah buku yang menampilkan profil dan kesiapan Riau menjadi tuan rumah multievent olahraga.

Dua buah buku edisi khusus berjudul "The Green Riau" dan "Riau, Indonesia Ready For An International Sport Event" laris manis di tengah-tengah peserta konferensi. Tidak sedikit pula dari mereka yang memuji konsep Pemprov Riau, untuk memulai menyeleraskan antara Sport and Environment.

"Apa yang kita dapatkan dari dua hari menghadiri konferensi ini, sebenarnya hamper mayoritas sudah kita lakukan secara riil. Khususnya perihal lingkungan. Namun tentunya, ada beberapa hal juga yang masih perlu kita siapkan lagi. Paling tidak, antusiasme peserta konferensi ini menjadi spirit tersendiri buat kita," kata Ketua PB PON Riau, Syamsurizal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar