Minggu, 08 Mei 2011

Jumlah WNA datang ke Riau meningkat tajam

Jumlah warga negara asing yang berada di Riau di tahun 2011 ini mengalami peningkatan di tiap bulannya. Trend peningkatan jumlah WNA di Riau sudah nampak di bulan-bulan awal tahun 2011.

Menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kanim Klas I Pekanbaru, Suratman kepada Riauterkini Jum'at (6/5/11) mengatakan bahwa peningkatan memang sudah nampak sejak memasuki bulan pertama 2011 yang berjumlah 504 WNA.

"Bulan berikutnya, jumlah warga negara asing yang ada di Riau kembali meningkat menjadi 518 orang. Pada Maret 2011 lalu, jumlah WNA di Riau kembali meningkat menjadi 526 orang dan pada April lalu, jumlah WNA kembali meningkat menjadi 555 orang," terangnya.

Katanya, para Warga Negara Asing itu berasal dari berbagai negara seperti negara Amerika, Canada, Inggris, China, Hongkong, Malaysia, Philpina dan lainnya. Para WNA tersebut menurut Suratman ada yang bekerja dan ada pula yang belajar.

"Kebanyakan para WNA tersebut di Riau menjadi pekerja, tenaga ahli, investor, pelajar dan mahasiswa. Mereka bekerja di berbagai perusahaan besar di Riau seperti Chevron, RAPP, IKPP dan lainnya. Sementara para pelajar dan mahasiswa menimba ilmu di beberapa sekolah dan di UIN Susqa," terangnya.

Disinggung mengenai tindakan deportasi, Suratman mengatakan bahwa tahun 2011 ini, Kanim Pekanbaru masih belum melakukan deportasi. Tetapi pada tahun 2010 lalu, Kanim Pekanbaru sudah melakukan deportasi kepada 1 orang warga Turki yang melanggar ijin tinggalnya. -riauterkini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar